Sabtu, 19 Februari 2011

Rangkaian sistem perbaikan power factor otomatis

1. Sensor Arus
sensor arus bisa menggunakan trafo arus (current transformer) dengan perbandingan I1/I2 = N2/N1 adalah 1. Untuk menjaga agar fluks tetap stabil, maka perlu diperhatikan agar rangkaian sekunder selalu tertutup dengan menambahkan resistor.












2. Sensor Tegangan
sensor tegangan bisa menggunakan transformator stepdown dengan tujuan menurunkan level tegangan AC 220 menjadi 5V agar dapat doproses oleh mikrokontroller.


3. Rangkaian Low Pass Filter
Output dari sensor arus dan sensor tegangan merupakan sinyal AC dengan frekuensi 50Hz. sehingga ditambahkan low pass filter dengan frekuensi cut off 50Hz agar sinyal yang didapatkan adalah sinyal dengan frekuensi 50Hz ke bawah. berikut ini rangkaianya :


4. Rangkaian detector beda fasa
Rangkaian ini berfungsi untuk memperoleh beda fasa dari kedua input yaitu sinyal arus dan sinyal tegangan. rangkaian ini terdiri dari rangkaian buffer, zero crossing detector dan IC XOR.


5. AC to DC converter
Sinyal yang dihasilkan oleh rangkaian detector beda fasa merupakan sinyal AC, maka agar bisa diolah oleh mikrokontroler harus dirubah menjadi sinyal DC dengan menggunakan rangkaian berikut ini :












8 komentar:

  1. bro ct 1:1 beli dimana? ak coba nyari kok susah ya,,,

    BalasHapus
  2. Kalau beli yang 1:1 kagak ada pak....
    kita bisa memodif CT 200/5A dengan menambahkan lilitan pada sisi primernya.
    I1/I2=N2/N1=200/5=40/1.

    BalasHapus
  3. bro, d bag depan ada D1 dan D2 itu pake dioda tipe apa ya? fungsinya buat apa? trus klo d rangkaian di atas, rangkaian buffernya yg mana y? rangk buffer itu fungsinya ap? mhon pncerahannya, makasih :)

    BalasHapus
  4. kalo dioda depan itu saya ganti dg dioda zener tipe 1N4732 bisa gak ? terimakasih

    BalasHapus
  5. Salam anwords....thanks for visited. ^__^"

    D1 dan D2 yang mana,?
    kalau yang di Rangkaian detector beda fasa itu D1 dan D2 adalah dioda zener 4,7 Volt. fungsi dari dua deoda itu adalah sebagai pengaman agar sinyal output yang dilewatkan hanya memiliki amplitudo sebesar Vzener ditambah Vforward yaitu 4.7V ditambah
    dengan sekitar 0.7V sama dengan ±5.4V saja.

    Rangkaian buffer....itu rangkaian pada rangkaian detector beda fasa (rangkaian op amp yang depan...baik yang atas maupun yang bawah)...:D

    seperti arti dari kata itu, rangkaian buffer itu fungsinya sebagai penyangga....jadi signal output dari rangkaian buffer = inputnya .... cuman lebih jelas (Kuat) signalnya.

    kira2 begitu kakak...kalau kurang jelas...silahkan ditanyakan lagi. :D

    BalasHapus
  6. Maaf mau tanya...trafo arusnya kan pakai 200/5A...saya beli yang model kotak dan tertutup semua kecualo tengahnya bolong....cara nambahinnya gimana ya.....digulung diluar atau gimana.....maklum newbie di teknik electro....tolong pencerahannya......

    BalasHapus
  7. salam....
    bro tolong donk schematic ac to dc converternya digambar ulang...biar kita2 jelas liat nilai komponennya....(atau kirim lansung gambarnya yang masih kebaca komponennya ke : haxasatuallan@gmail.com )
    kami tunggu....buat tugas akhir nich...
    terima kasih sebelum dan sesudahnya...

    BalasHapus
  8. The Best Betway Sportsbook Review, Bonuses & Promos 2021
    Betway is one of the top online sports betting sites 인천광역 출장안마 in the US. 서귀포 출장샵 They have a sportsbook that you can bet on in person 광양 출장샵 on a variety of 경기도 출장샵 sports 강원도 출장샵 and leagues, including  Rating: 4 · ‎Review by Derek Jest

    BalasHapus